Bhabinkamtibmas Polsek Natar Fasilitasi Rembug Pekon Warga di Desa Hajimena

04/09/2024 07:40:49 WIB 9

Bhabinkamtibmas Polsek Natar Fasilitasi Rembug Pekon Warga di Dusun 3 Taman Sari, Desa Hajimena

 

Natar, Lampung Selatan – Dalam upaya menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif, Bhabinkamtibmas Polsek Natar, BRIPKA Feriansyah, melaksanakan kegiatan Rembug Pekon untuk menyelesaikan perselisihan antara warga di  Desa Hajimena, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (03/09/2024) pukul 23.00 WIB.

 

Personel yang Terlibat BRIPKA Feriansyah (Bhabinkamtibmas), SERTU Eris Astamara (Babinsa), Bapak Miswanto (Ketua RT 02), Kedua belah pihak yang berselisih, Keluarga kedua belah pihak

 

Kegiatan Rembug Pekon ini difokuskan untuk menyelesaikan kesalahpahaman yang terjadi antara pihak pertama (SSNP dan SRA ) dengan pihak kedua (SJA, SAF, dan SSA) yang terjadi pada Selasa, 03 September 2024, sekitar pukul 20.30 WIB di Warung Makan Kubang Raya,  Desa Hajimena.

 

Melalui mediasi yang dilakukan dengan pendekatan kekeluargaan, kedua belah pihak sepakat untuk berdamai dan tidak melanjutkan permasalahan tersebut ke ranah hukum. Pihak pertama juga berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya, dan apabila terjadi pelanggaran di kemudian hari, mereka siap diproses sesuai hukum yang berlaku. Selain itu, pihak kedua sepakat untuk tidak menaruh dendam dan memaafkan pihak pertama.

 

Kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan surat pernyataan damai oleh kedua belah pihak. Keberhasilan kegiatan ini menunjukkan pentingnya peran Bhabinkamtibmas dalam menjaga hubungan harmonis antara warga serta mencegah potensi konflik yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas.

 

Hasil yang Dicapai Terciptanya hubungan yang baik antara Bhabinkamtibmas dan masyarakat, Situasi Kamtibmas yang kondusif di Desa Hajimena, Kedua belah pihak sepakat untuk berdamai secara kekeluargaan dan tidak akan saling dendam di kemudian hari.

 

Bhabinkamtibmas Polsek Natar terus berkomitmen untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dalam menyelesaikan setiap permasalahan dengan pendekatan yang humanis dan berlandaskan prinsip kekeluargaan, guna menjaga stabilitas keamanan di wilayah hukum Polsek Natar.

Share this post