Kampanye Keselamatan Lalu Lintas kepada Pelajar SMK Yaditama Sidomulyo

09/09/2024 21:38:16 WIB 18

Polres Lampung Selatan Kampanyekan Keselamatan Lalu Lintas kepada Pelajar SMK Yaditama Sidomulyo

 

Lampung Selatan,– Dalam upaya menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas yang melibatkan anak usia sekolah, Satlantas Polres Lampung Selatan melaksanakan program "Polisi Goes to School" di SMK Yaditama Sidomulyo. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi para pelajar mengenai pentingnya keselamatan berlalu lintas, sekaligus menanamkan disiplin dan kesadaran dalam mentaati aturan di jalan. 9 September 2024, pukul 07.15 WIB.

 

AKP R. Manggala Agung SM, S.I.K., M.H., CPHR yang diwakili IPDA Heriyanto, SH  selaku pembina upacara, yang disambut antusias oleh 600 siswa SMK Yaditama, para guru, serta staf sekolah. Dalam amanatnya,  ia menekankan pentingnya disiplin berlalu lintas, mengingat banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh anak usia sekolah, terutama terkait penggunaan sepeda motor tanpa helm dan kelengkapan berkendara lainnya.

 

Satlantas Polres Lampung Selatan, yang diwakili oleh IPDA Heriyanto, SH (Kanit Kamsel), menyampaikan beberapa poin penting kepada para siswa. Dalam arahannya, ia menegaskan bahwa keselamatan di jalan raya harus menjadi prioritas utama. 

"Kami ingin menanamkan budaya malu di kalangan pelajar, yakni malu melanggar aturan lalu lintas. Jangan sampai karena kelalaian, keselamatan diri dan orang lain menjadi taruhannya," ujar IPDA Heriyanto.

 

Para siswa juga diingatkan untuk selalu mengenakan helm ketika mengendarai sepeda motor, dan pentingnya mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Pelanggaran lalu lintas tidak hanya berisiko menyebabkan kecelakaan, tetapi juga dapat berdampak pada masa depan mereka. Oleh karena itu, disiplin berlalu lintas menjadi salah satu hal penting yang harus mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Sekolah SMK Yaditama Sidomulyo, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, serta Dewan Guru dan staf sekolah ini berhasil memberikan pemahaman lebih mendalam tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas bagi siswa. Selain itu, beberapa anggota Satlantas Polres Lampung Selatan yang turut hadir, seperti Bripka Soni Erlangga, Briptu Wahid Wibowo, dan Bripda Relinda, ikut memberikan contoh nyata tentang bagaimana menerapkan disiplin lalu lintas yang benar.

 

Satlantas Polres Lampung Selatan berharap melalui kegiatan ini, para siswa SMK Yaditama dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di kalangan remaja. Dengan disiplin yang ditanamkan sejak dini, diharapkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di kalangan anak sekolah dapat diminimalisir, terutama menjelang Pilkada Serentak 2024 di mana mobilitas masyarakat diprediksi meningkat.

 

"Keselamatan di jalan raya adalah tanggung jawab kita bersama. Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, para pelajar tidak hanya memahami pentingnya tertib berlalu lintas, tetapi juga menjadi agen perubahan yang dapat menularkan budaya disiplin kepada teman-teman mereka," tutup IPDA Heriyanto, SH

 

Dengan tersampaikannya pesan-pesan keselamatan lalu lintas, diharapkan siswa-siswi SMK Yaditama Sidomulyo semakin sadar akan pentingnya menjaga keselamatan di jalan raya demi menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Lampung Selatan.

Share this post